Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Jumat, 30 Maret 2012

JANGAN PERNAH MENYERAH

Disuatu pagi yang indah,terkihat sekelompok burung belibis yang berterbangan diatas sebuah sungai. tampak mereka sedang mencari ikan-ikan kecil yang terlihat dipermukaan sungai dan membawanya ke sarang mereka, yang terletak diatas pohon tepi sungai tersebut. lama kelamaan sarang mereka yang terbuat dari jerami,telah penuh dengan ikan ikan kecil yang melompat lompat untuk menyelamatkan diri.
setelah melompat-lompat sekian lama, muncul keputusasaan dari ikan-ikan kecil tersebut, karena tidak mampu melewati sarang sang elang yang telah memenjarakan mereka .
"kita akan segera mati,dan menjadi santapan elang tersebut. tak ada gunanyakita berlompat-lompat teman-teman",seru seekor ikan kecil yang kehabisan nafas.
"benar .. matilah kita ... tak mungkin kita bisa selamat lagi ",seru yang lain. lama kelamaan ikan-ikan kecil tersebut terlihat tidak melompat lagi, dan sebagian mereka mati karena lemas dan kehabisan nafas. mereka tidak berusaha lagi untuk keluar dari sarang burung belibis tersebut,dan pasrah pada nasib buruk yang menimpa mereka . padahal sebenarnya mereka menyadari bahwa dibawah sarang burung yang hanya terbuat dari jerami tersebut, terlintas sungai yang begitu luas yang merupakan tempat tinggal mereka.
Hanya terlihat seekor ikan kecil yang tetap melompat-lompat untuk melawati sarang burung elang tersebut, terkihat tubuhnya yang semakin lemas karena kehabisan nafas namun tekadnya yang keras, membuatnya terus melompat-lompat.
Ikan-ikan kecil yang lainnya hanya bisa melihatnya dan menasehatinya untuk pasrah terhadap nasib.
Namun siikan kecil terus melompat, pantang menyerah , dan sekuat tenaga diapun melompat tinggi dan diapun berhasil melawati sarang burung elang yang terbuat dari jerami tersebut dan jatuh menuju sungai yang luas ...dan jadilah dia sebagai pemenang..

~Kadang hidup kita penuh dengan cobaan , rintangan,halangan, dan masalah yang selalu menghadangi kita, seakan-akan memaksa kita untuk menyerah. namun sebagai seorang yang bijak, kita tidak boleh begitu saja menyerah pada nasib. karena sebenarnya kesuksesan selalu berada di depan kegagalan kita.

Jumat, 16 Maret 2012

KEBERHASILAN DALAM MENGHADAPI UN

      Setiap orang pasti ingin masa depannya berhasil , sama halnya dengan saat kita menghadapi UN
      Di SMP hanya dalam 4 hari yang akan menentukan nasib kita yaitu antara lulus dan tidak lulus , dan disitu juga yang akan menentukan keberhasilan kita .
     Jika ingin berhasil kita harus berusaha dan belajar lebih giat lagi dan satu hal lagi "DO'A" dalam segala sesuatunya yang dilakukan sekeras apapun itu bila tidak diimbangi dengan DO'A akan mendapakatkan hasil yang sia-sia. Dan juga kita harus bisa mengatur waktu bermain dan belajaratau segala sesuatunya dengan baik.
Saat ini dalam pembelajaran sudah mulai terganggu karena pergaulan yang berlebihan yang membuat kita malas untuk belajar.
     Sekarang ini janganlah membuang buang waktu untuk hal yang tidak berguna karena itu akan mengurangi usaha  kita  untuk berhasil menghadapui UN nanti...

Senin, 12 Maret 2012

Keberhasilan

Keberhasilan secara etimologi  yaitu berasal kata dari hasil yang artinya sesuatu yang diadakan (dibuat, dijadikan, dsb) oleh usaha. Keberhasilan dalam kamus besar Bahasa Indonesia adalah perihal (keadaan) berhasil.[1]
Keberhasilan juga berarti memperoleh penghargaan, kepemimpinan. Keberhasilan bisa dikatakan bahwa akan dilihat lebih tinggi oleh orang lain dalam usaha dan kehidupan sosial seseorang. Keberhasilan juga berarti kebebasan, kebebasan dari rasa takut, rasa cemas, rasa frustasi dan kegagalan. Keberhasilan itu bisa diartikan sebagai penghargaan diri.
Keberhasilan itu adalah sebuah kemenangan, namun untuk bisa meraih yang namanya keberhasilan, maka anda harus mempunyai keyakinan untuk itu. Keberhasilan membutuhkan keyakinan. Ketika anda merasa yakin, maka anda secara otomatis akan memperoleh atau menghasilkan sebuah kekuatan, ketrampilan dan juga menghasilkan suatu energi yang diperlukan untuk sebuah keberhasilan. Ketika anda percaya dapat melakukannya, maka kembangkanlah bagaimana anda melakukannya.


Indikator Keberhasilan Belajar
  
Indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam menyatakan bahwa suatu proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil, adalah:
  1. Daya serap terhadap bahan pelajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok, (kognitif).
  2. Perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran/ TIK telah dicapai siswa baik individu maupun klasikal (afektif).
Namun yang banyak dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dari keduanya adalah daya serap siswa terhadap pelajara
Penilaian Keberhasilan
Tes prestasi belajar dapat digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat keberhasilan dan dapat digolongkan kedalam jenis penilaian sebagai berikut :
  • Tes Formatif
Penilaian ini digunakan untuk menguur satu atau beberapa pokok bahasan tertentu dan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang daya serap anak didik terhadap pokok bahasan tersebut. Hasil tes ini dimanfaatkan untuk memperbaiki proses balajar mengajar bahan tertentu dalam waktu tertentu Contohnya: ulangan harian.
  • Tes Subsumatif
Tes ini meliputi sejumlah bahan pengajaran tertentu yang telah diajarkan dalam waktu tertentu, bertujuan untuk memperoleh gambaran daya serap anak didik untuk meningkatkan tingkat prestasi belajar anak didik. Hasil tes ini digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan diperhitungkan dalam menentukan nilai rapor (UTS)
  • Tes Sumatif
Tes ini dilakukan untuk mengukur daya serap anak didik terhadap bahan pokok-pokok bahasan yang telah diajarkan selama satu semester atau dua tahun pelajaran, Tes ini bertujuan untuk menetapkan tingkat atau taraf keberhasilan belajar anak didik dalam suatu periode belajar tertentu. Hasil tes ini daigunakan untuk kenaikan kelas, menyusun rangking atau sebagai ukuran mutu sekolah (UAS)
Tingkat Keberhasilan
Untuk mengetahui sampai dimana tingkat keberhasilan belajar siswa terhadap proses belajar yang telah dilakukannya dan sekaligus juga untuk mengetahui keberhasilan mengajar guru, kita dapat menggunakan tingkat acuan sebagai berikut:
  • Istimewa / maksimal: apabila seluruh bahan pelajaran yang diajarkan itu dapat dikuasai siswa
  • Baik sekali/ optimal: apabila sebagian besar (85% s/d 94%) bahan pelajaran yang diajarkan dapat dikuasai siswa.
  • Baik / minimal: apabila bahan pelajaran yang diajarkan hanya 75% s/d 84% dikuasai siswa
  • Kurang  apabila bahan pelajaran yang diajarkan kurang dari 75% dikuasai siswa.
    Proses belajar mencapai puncaknya pada hasil belajar siswa atau unjuk kerja siswa .